Minggu, 07 September 2008

Citilink, Air Asia dan Lion Air Low Cost

Ditulis pada September 6, 2008 oleh imbalo

Saat ngeklik di internet yang ada cuma untuk penerbangan tanggal 02 September 2008 dari Surabaya - Batam dengan Citilink lebih murah sedikit dari pada naik Mandala pada tanggal yang sama, tetapi tanggal sebelum nya 30 Agustus 2008, lebih murah Mandala, karena memang mau tahu bagaimana keadaan citilink setelah route Surabaya-Batam dibuka kembaliya ya sudah langsung pesan.

Meskipun sebelum nya anak perempuanku perotes koq pesan nya udah Ramadhan, ”Kode booking nya AO3838, pukul 08.00 sudah ada di Juanda ya” pesan smsku kepadanya yang kebetulan di Surabaya akan pulang ke Batam.

Your Booking: A03838
Agency Code: B2C
Booking Date: 24/08/08

Setelah di Bandara Juanda anakku mengabari melalui sms “Pak keberangkatan nya di tunda nih” tulisnya dalam sms, tak lama kemudian dia sms lagi, memberitahukan kalau bagasi harus di bayar, tidak ada bagasi yang free, kecuali kabin, banyak penumpang yang kecewa, rungutnya.

Saat Juhur dia tiba di Hang Nadim Batam, satu jam lebih keterlambatan dari yang tercantum di jadwal ketibaan.



Kemarin tanggal 05 September iseng aku buka lagi citilink , ada tiket promosi hanya rp. 99 ribu rupiah dari Surabaya - Batam, karena masih ada satu lagi anak lelakiku yang kuliah di sana dan mau pulang juga ke Batam menjelang Syawal (Hari Raya) aku pesan lagi dari Surabaya - Batam untuk tanggal 27 September 2008, tambah biaya tax, adm, ppn, dan lain lain sejumlah rp. 333 ribu rupiah, Mandala pada tanggal yang sama sudah diatas 1 juta rupiah.

Your Booking: A03AXK
Agency Code: B2C
Booking Date: 05/09/08

Sayangnya untuk Batam - Surabaya tanggal 06 Oktober 2008 citilink lebih mahal dari Mandala, jadi belum ku pesan, masih hunting kali-kali citilink ada promo lagi.

Dengan dibuka lagi route citilink Senang rasanya ada pilihan lain terbang ke Surabaya-Batam, apalagi tidak ribet seperti dulu, kata Ade Syahlan, sambil tiduran pakai kolor bisa pesan tiket.

AIR ASIA

Selama ini pesan tiket dengan Air Asia, bisa sambil tiduran dan gak perlu gosok gigi dulu, mana dengan biaya murah lagi, seperti pengalaman temanku Ade Syahlan “Alhamdulillah, sudah pesaan tiket untuk bulan Juli 2009 hanya 1,720.000 rupiah “tulis bang Ade begitu aku memanggilnya dalam chattingnya kepadaku kalau dia untuk liburan sekolah tahun depan akan ke Jakarta pulang pergi Batam empat orang hanya bayar segitu, ”hebat Air Asia” tambah bang Ade. jadi perorang nya PP sekitar rp. 430.000,-

Promosi i juta kursi dari Air Asia, hampir keseluruh penerbangan yang di layani oleh Air Asia belum ada di buat oleh penerbangan lain, alangkah baiknya kalau ini dibuat oleh citilink, Air Asia kini telah ada penerbangan Batam - Kuala Lumpur, tiket promo hanya sekitar 600 ribu rupiah pulang pergi, sementara dari Bangkok- Johor Bahru hanya sekitar 2.000 bath ya hampir samalah dengan 600 an ribu rupiah.





Lain citilink , lain pula Lion Air, airliner ini pun lagi jor-joran promosi penerbangan dari singapura ke beberapa kota di Indonesia, Bali, Jakarta dan Lion Air pun membuka route dengan promosi ke Cho Chi Min Vietnam sana, tidak seketat Air Asia yang tiket nya tak dapat dipakai nama orang lain semisal tak jadi berangkat.

Tetapi celaka nya pesanan memakai kartu kredit tak seperti Air Asia dan citilink, pemegang kartu kredit harus ikut dalam penerbangan. “Wah sering banyak penipuan pak” jelas operator di 08041778899 menjelelaskan kenapa nama pemegang di kartu kredit harus ikut terbang.

Bagaimana citilink tambah lagi penerbangan low cost mu, Air Asia bisa, kenapa tidak?

Tidak ada komentar: