Selasa, 22 April 2008

Kunjungan Wisata ke Batam Tahun 2010

Petang (22/4) selepas magrib berbunyi telpon, aku menduga ada wali murid yang menanyakan anaknya koq belum pulang, apa ada kegiatan di sekolah, selalunya begitu.Maklum akukan pengurus sekolah Hang Tuah.

Tapi dugaan ku salah, ternyata dari Ibrahim, anak HMI katanya mengingatkan ku, dan akupun belum ingat betul. Ibrahim bekerja di Otorita Batam mengurusi kamp pengungsi Vietnam.

Kata Ibrahim setelah membaca Buletin Jumat di Masjid komplek perumahan nya dia membaca tentang makanan Halal di Vietnam. Pebruari 2008 yang lalu aku ke Vietnam dari Saigon ke Hanoi aku naik bus hampir 48 jam. Bagaimana tentang kisah perjalanan ku itu ditulis di Buletin Jumat karena menyangkut dengan makanan Halal dan dimana tempat-tempat restoran Halal di Negeri Komunis itu.

Ibrahim janji akan bertemu dengan ku membicarakan peluang pariwisata di Pulau Galang , Pulau Galang dahulunya adalah tempat pengungsi Vietnam, tapi sekarang sudah ditinggalkan, orang-orang Vietnam yang dulu mengungsipun sekarang sudah banyak yang kaya. Ada beberapa rombongan bekas pengungsi yang sudah kaya datang bernostalgia ke Pulau Galang . "Itu peluang pariwisata yang akan digalakkan oleh Pemko Batam " ujarku kepada Ibrahim.

Tapi kalau Batam masih seperti ini ya susah turis mau datang, aku contohkan saja kepada Ibrahim kalau mertuamu datang kerumahmu apa yang akan kau sediakan, tentunya tempat tidur dan makanan, jadi kalau mau turis datang ke tempatmu harus kau sediakan Hotel dan Restoran, di Thailand Hotel cukup murah makanan pun murah enak lagi dan beragam, beberapa kali aku ke Thailand.

Tidak cukup dengan tempat tidur dan makanan yang kau sediakan agar mertuamu senang tinggal dirumahmu, tentunya sewaktu tidur apakah ada yang menggeranyangi kantongnya , dan mengambil duit di dalam dompetnya, itu segi keamanan.

Restoran Hotel dan Keamanan penting dan satu lagi kenyamanan, kalau anakmu bising terus terusan merengek kan membuat orang tidak nyaman, di Laos turis hanya duduk - duduk saja di pinggir sungai Mekong menatap aliran sungai yang agak kekuning kuningan itu dari pagi hingga ke petang, tak ada orang sibuk menjajahkan dagangannya dan tak ada supir taxi yang menarik narik tangannya.

Mungkin itu sumbang saran ku kepada Ibrahim yang katanya ingin menggalakkna tahun 2010 sebagai tahun kunjungan wisata ke Batam

Tidak ada komentar: